Jumat, 21 November 2008

PENGARUH UKURAN BAHAN SUPERKONDUKTOR
MESOSKOPIK TERHADAP EFEK PENEROBOSAN MEDAN MAGNET

oleh

KASNAWI AL HADI

INTISARI

Telah dilakukan perhitungan numerik untuk mengetahui pengaruh ukuran bahan superkonduktor mesoskopik terhadap konfigurasi vortex. Pengkajian penelitian ini berbasis pada persamaan Ginzburg-Landau tak gayut waktu.
Metode yang digunakan untuk menyelesaikan persamaan Ginzburg-Landau tak gayut waktu adalah dengan metode Gauss-Seidel. Metode ini untuk menentukan pa- rameter benahan dan potensial vektor untuk berbagai ukuran bahan superkonduktor yang berbentuk papan dengan nilai medan magnet luar 1, 3Hc1 dan memvariasi nilai parameter Ginzburg-Landau.
Hasil penelitian didapatkan nilai-nilai parameter benahan, energi bebas dan juga magnetisasi dari bahan superkonduktor. Variasi dari ukuran superkonduktor yang digunakan adalah 16 × 16 λ2, 32 × 32 λ2 , dan 42 × 42 λ2, sedangkan variasi dari parameter Ginzburg-Landau adalah 0, 7 dan 1, 0. Nilai energi bebas Gibbs dari bahan superkonduktor akan bertambah sepadan dengan bertambahnya ukuran bahan superkonduktor, sedangkan nilai magnetisasinya akan berkurang. Sebaliknnya, bertambahnya nilai parameter Ginzburg-Landau berpengaruh pada bertambahnya nilai energi bebas Gibbs dari bahan superkonduktor.

Kata kunci : Persamaan Ginzburg-Landau tak gayut waktu, Superkonduktor tipe II, parameter benahan, medan magnet luar, energi bebas.

6 komentar:

KASNAWI AL HADI mengatakan...

ok. bagus

Baskoro Adi Prayitno mengatakan...

Pancen Bagus Pak Kas..., Piye Kabare?

SATUTIK RAHAYU mengatakan...

alhamdulillah apik pak, gimana dengan suasana UNS?

Baskoro Adi Prayitno mengatakan...

Ndek P.Bio UNS Lagi Sibuk Akreditasi, Hibah PHK A2, SBI, karo PLPG bu, Ra Iso Leren.. Capek Deh :)

Mas Roy mengatakan...

Memang persahabatan tiada duanya bos....kapan lagi kita bertanding?

Rian affandi mengatakan...

Boleh minta file untuk paper ini nggak pak hehe 🙏 ?